Produksi Topi, Topi Promosi, Topi Distro, Topi Seragam, Topi 5Panel, Topi 6Panel, Topi Bucket, Topi Snapback, Topi Visor, Topi Partai

 

Topi memiliki berbagai macam bentuk dan corak. Mulai dari topi yang terbuat dari jerami, kulit, denim, atau topi unik yang terbuat dari benda – benda yang tidak terbayangkan sebelumnya. Corak yang muncul pun bermacam – macam tergantung desain dari pembuatnya. Namun tahukah anda bagaimana asal usul dan sejarah topi?

Secara historis, topi diketahui sudah dibuat dan dipakai semenjak jaman dahulu. rekam jejak penggunaan topi terlihat pada lukisan nisan di Thebes pada zaman Mesir kuno. Kemudian ditemukan pula fakta bahwa bangsa Romawi maupun Yunani menggunakan topi sebagai pembeda status sosial yang disebut topi Phyrgian. Bentuk topi pun beraneka ragam, namun pada umumnya topi digunakan dengan tujuan untuk menutupi kepala bagian atas dan memiliki tepi, baik satu atau lebih.

Dalam sejarahnya, topi pun banyak mengalami pasang surut alias kepopulerannya tergantung pada minat dan selera masyarakat. Pada awal abad 15, pemakai topi umumnya adalah laki – laki. Sedangkan kaum wanitanya menggunakan kerudung atau kain hias untuk menutup kepala. Namun lambat laun topi mulai dilirik kaum wanita untuk mempermanis penampilan. Hingga akhirnya sejak abad 16 banyak topi diproduksi bagi kaum perempuan. Rancangan topi saat itu menggunakan berbagai macam hiasan mulai dari sutera, beludru, renda, dan lain sebagainya untuk mempercantik tampilan pemakainya.

Bentuk topi pun mulai beragam. Bila pada awalnya bentuk topi bagi perempuan memiliki tepian yang melebar dengan berbagai hiasan. Sejak tahun 1920an topi mengalami modifikasi lagi hingga menjadi lebih sederhana dan menyerupai topi bagi laki – laki. Desainnya pun mengalami pergeseran dan modifikasi. Hingga muncul desain topi yang disebut topi lonceng alias cloche hat.

Selain itu topi juga digunakan dalam dunia kemiliteran untuk menunjukkan pangkat dan bagian – bagian si prajurit. Biasanya tanda kepangkatan di pasang di topi untuk menunjukkan status anggota militer yang memakainya. Di Indonesia sendiri topi untuk militer dikenal dengan sebutan topi baret. Dimana masing – masing anggota militer memiliki topi baret dengan ciri khas tersendiri.

Leave a Reply